Morotai The Best Diving Spot Indonesia

Apa Anda pernah mendengar sebuah Pulau yang bernama Morotai? Morotai merupakan sebuah pulau yang juga sekaligus menjadi kabupaten yang terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Pulau ini terkenal karena pulau ini berada pada titik (hampir) paling utara Indonesia. Dikarenakan posisinya tersebut jugalah, di tahun 1944 Amerika Serikat merebut pulau ini dari kekuasaan Jepang untuk kemudian dijadikan basis militer untuk angkatan udara Perang Dunia II. Hingga saat ini jejak-jejak dari peninggalan perang yang ada di Morotai, dimulai dari pesawat militer hingga bahkan senjata serta amunisi, bisa ditemukan di pulau tersebut. Pulau Morotai ini berada di Kepulauan Halmahera, yang juga masuk ke dalam Provinsi Maluku Utara, Indonesia bagian Timur.Sampai saat ini morotai terkenal dengan best diving spot indonesia.

Morotai sendiri adalah salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia. Luas dari pulau ini hanya 1.800 kilometer persegi, tapi sebenarnya Morotai ini bisa dibilang ‘kecil-kecil cabe rawit’. Karena keindahannya yang menggigit. Sebagai sebuah pulau yang berbatasan dengan Samudera Pasifik serta Filipina, Morotai pada zaman dulu dipakai untuk basis pertahanan Jepang pada saat Perang Dunia II berlangsung. Dan juga, pulau tersebut pun telah diambil alih oleh Sekutu kemudian pulau ini dipakai untuk landasan pesawat yang digunakan untuk menyerang wilayah Filipina serta Borneo Timur. Namun, jauh sebelum itu yakni di abad ke-15 dan 16, Morotai pada saat itu dibawahi oleh Kesultanan Ternate. Itulah sebabnya pulau ini banyak menyimpan guratan-guratan sejarah. Terdapat banyak peninggalan perang di pulau ini seperti gua untuk tempat persembunyian, landasan untuk pesawat, hingga bahkan kendaraan yang berlapis baja yang masih utuh meskipun sudah berkarat.

Gua yang cukup terkenal di pulau tersebut ialah Nakamura, yang pada saat itu dijadikan tempat persembunyian bagi para tentara Jepang setelah pada akhirnya Pulau Morotai direbut oleh Sekutu lainnya. Banyak yang mengatakan jika Morotai merupakan ‘Surga di Timur Indonesia’. Hal ini pun yang kemudian mengacu pada kekayaan bawah laut yang dimilikinya, dengan adanya lebih dari 25 titik penyelaman yang juga tentunya menyuguhkan keindahan yang tiada tara. Seperti Tanjung Wayabula, Batu Layar Point, Dodola Point,Tanjung Sabatai Point, hingga bahkan Saminyamau.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Morotai ini tidak tercermin dari apa yang ada di bawah lautnya saja, namun juga yang berada di daratan. Selain itu,hamparan pasir putihnya yang luas pun siap untuk memanjakan mata siapa saja yang menginjakkan kaki di atas tempat tersebut. Beberapa pulau kecil yang ada di Morotai berikut ini tentunya akan membuat Anda ingin berlama-lama menikmati keindahan tersebut. Salah satunya ialah Pulau Zum-Zum yang merupakan sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau ini pernah menjadi basis militer tentara Sekutu pada saat Perang Dunia II. Oleh karenan itu dibangunlah Monumen Jendral Mac Arthur di pulau ini, Jendral Mac Arthur merupakan seorang panglima berjasa yang terkenal akan kepemimpinannya yang tangguh.

Di pulau ini pun telah ditumbuhi dengan pepohonan yang lebat serta pantainya yang berpasir putih. Lalu ada Pulau Mitita yang juga merupakan pulau tak berpenghuni sehingga pantainya yang bersih itupun sangat jarang didatangi orang. Tempat ini sangat populer akan titik penyelamannya yang sedalam 17 meter dimana merupakan habitat Hiu Karang Sirip Hitam yang biasa disebut juga dengan Mitita Shark Point. Jika kita menyelam di tempat ini, airnya yang yang sangat bening sebening kristal ketika cuaca sedang cerah akan memungkinkan kita untuk dapat melihat hiu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *